Senin, Mei 16, 2022

Langkanya Minyak Goreng, Penimbun dan Penjual Minyak diatas Harga Eceran Tertinggi Dapat Dikenakan Pidana

472
SHARES
1.5k
VIEWS

Bandar Lampung(DHTv)-Fenomena langkanya minyak goreng yang terjadi diberbagai daerah. Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal (Pol) Whisnu Hermawan mengatakan Penyebab kekosongan stok karena terlambatnya pengiriman minyak goreng dari distributor dan tingginya antusiasme masyarakat untuk membeli minyak goreng. Dengan terjadinya permintaan yang tinggi dan ketidaksanggupan pasar untuk menyediakan stok membuat oknum penimbun minyak goreng kian merajalela serta membuat penjual membandrol harga yang sangat fantastis.

Berdasarkan Pasal 107 UU Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan yang berbunyi “Pelaku Usaha yang menyimpan Barang kebutuhan pokok dan/atau Barang Penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan Barang, gejolak harga, dan/atau hambatan lalu lintas Perdagangan Barang sebagaimana dimaksud dalam pasal 29 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp50.000.000.000 (lima puluh miliar rupiah)”.

Baca Juga :

Selain itu, Kemendag telah mengeluarkan Permendag Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Sawit. Dalam Pasal 6 peraturan tersebut, Penjual minyak yang melanggar ketentuan Harga Eceran Tertinggi dapat dikenakan sanksi administratif yaitu berupa peringatan tertulis, penghentian kegiatan sementara dan/atau pencabutan perizinan berusaha.

Dalam menyikapi fenomena kelangkaan minyak goreng, Masyarakat harus membantu pemerintah dalam mengambil peran untuk memberikan edukasi hukum ke berbagai elemen masyarakat agar penimbun dan penjual minyak goreng ditas Harga Eceran Tertinggi dapat diatasi. (M. Merpi Agung Perkasa, Mahasiswa Magister Hukum Universitas Lampung)

Berita Lainnya

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist