Senin, Mei 16, 2022

MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443 H, BMOIWI PROVINSI LAMPUNG TURUT GELAR RAKERWIL

475
SHARES
1.5k
VIEWS

DHTv — Peringatan Maulid Nabi merupakan wujud kegembiraan, kecintaan kepada Rasulullah SAW. Dikutip dari buku Kisah Maulid Nabi Muhammad SAW: Awal Muhammad Akhir Muhammad Jilid 1 oleh Abu Nur Ahmad al-Khafi Anwar bin Shabri, Rasulullah SAW bersabda:  “Barang siapa yang memperingati hari kelahiranku maka aku akan memberikan syafaat pada hari kiamat. Dan barang siapa memberikan infaq satu dirham untuk memepringati kelahiranku, maka akan diberi pahala seperti memberi infaq emas sebesar gunung fi sabilillah.”

Dari hadits di atas, seseorang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala yang begitu besar. Tak heran banyak kaum muslimin yang berlomba-lomba untuk memperingati Maulid Nabi dengan cara yang terpuji.

Baca Juga :

Begitu pula yang dilakukan oleh Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) Provinsi Lampung, organisasi besar yang di dalamnya beranggotakan 28 organisasi wanita Islam di Lampung, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  12 Rabiul Awal 1443 H.  Ada beberapa keutamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu: sebagai bentuk rasa syukur dengan kehadiran Nabi Muhammad SAW di muka bumi, untuk memuji fakta di balik kelahiran Nabi Muhammad SAW sangat luar biasa, Ini juga momen untuk mengembangkan pengetahuan, level keimanan dan kebaikan, kemudian meneladani Nabi sebagai tuntunan. Hal itu disampaikan pada sambutan Ketua Panitia Pelaksana Eni Amaliah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum BMOIWI Provinsi Lampung. Ditambahkan juga bahwa dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, BMOIWI Lampung menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) pergantian presidium dari Ketua Periodik II ke Periodik III.

Sementara Ustadzah Mislamah dalam ceramahnya menyampaikan, sedikitnya ada 4 hikmah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Maulid Nabi dapat mendorong umat Islam untuk senantiasa menghadirkan dan memperbanyak sholawat pada Rasulullah. Umat Islam  bergembira memperingati Maulid Nabi, yang artinya merayakan kehadiran sosok suri teladan bagi umat Islam. Menumbuhkan kecintaan pada Rasululllah. Melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad SAW  dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan.

Selesai acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) BMOIWI Provinsi Lampung, dalam laporannya Ketua Periodik II BMOIWI Dr.Hj. Romlah, M.Pd.I  menyampaikan, beberapa program kerja dapat dilaksanakan dengan baik secara gotong royong antar pengurus, seperti Pelatihan Fiqh Perempuan, Webinar Nasional Literasi Wirausaha bekerjasama dengan Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung juga Institut Teknologi dan Bisnis Diniyyah Lampung (INSTIDLA), Bhakti Sosial memberikan dana bantuan kepada korban bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan, menyelenggarakan Pelatihan Pentingnya Pendidikan Politik bagi Perempuan, Program Berkah Ramadhan memberikan bingkisan dan Ta’jil bagi guru ngaji, kaum dhu’afa, yatim-piatu dan anak jalanan, juga BMOIWI Lampung  bekerjasama dengan Pengajian Chairunnisa-Lampung dan Wanita PUI menyelenggaraka Khitanan Massal bagi Anak dari keluarga kurang mampu. Beliau mengharapkan Periodik berikutnya bisa menjadi lebih baik bahkan melanjutkan beberapa program yang belum dilaksanakan.

Serah Terima Presidium dari Ketua Periodik II Dr.Hj. Romlah,M.Pd.I kepada Ketua Periodik III Dr. Hj. Heni Novirita, M.Si.  Dalam sambutannya, Ketua Periodik III mengucapkan terimakasih kepada periode sebelumnya, karena program kerja BMOIWI Lampung sudah banyak yang direalisasikan, dan bertekad akan melanjutkan kegiatan-kegiatan BMOIWI yang belum terwujud.

Selain kami  mengakomodir usulan program dari bidang-bidang BMOIWI, di periodik III ini kami juga punya program prioritas yaitu pemberdayaan ekonomi perempuan.

Program ini bertujuan untuk membantu ibu-ibu Pengurus BMOIWI Lampung, para ibu rumah tangga mempunyai usaha guna menopang ekonomi keluarga dengan meningkatkan pendapatan keluarga melalui kegiatan produksi yang dikerjakan di rumah oleh perempuan wirausaha dengan penumbuhan dukungan dari suami dan anggota keluarga lainnya; jugam membuka peluang usaha alternatif dan mengembangkan industri kreatif melalui kegiatan pemberdayaan perempuan dalam rangka penguatan jaringan Industri Rumahan. Sebagai upaya BMOIWI Provinsi Lampung membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lampung. Ujar Ketua Periodik III BMOIWI Provinsi Lampung mengakiri sambutannya.

Berita Lainnya

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist