Kunjungi Lapas Perempuan Bandar Lampung, Walikota Bandar Lampung Resmikan Sarana Asimilasi dan Edukasi

Bandarlampung — Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana didampingi oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Iwan Santoso dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung, Putranti Rahayu resmikan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung pada hari ini, Kamis (13/01/2022).

Selain meresmikan SAE, Walikota Bandar Lampung bersama dengan Plt. Kakanwil Kemenkumham Lampung juga meninjau langsung rumah pelatihan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan memanen langsung hasil kebun sayur oleh WBP.

Turut hadir dalam acara ini, Plt. Kepala Divisi Administrasi sekaligus Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi; Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Ahmad Nurizki Erwandi; Kepala Dinas Perindustrian, Adiansyah serta Kepala UPT Pemasyarakatan di Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung.

Walikota Bandar Lampung dalam kesempatan ini juga melihat secara langsung aktifitas keterampilan WBP seperti merajut, menjahit, membuat kue, dan lain sebagainya hingga memborong hasil kerajinan tangan WBP. “Perjuangan wanita memang tidak mudah, terus bersabar, tetap semangat dan jangan berputus asa.

Keterampilan yang telah dipelajari di dalam Lapas bisa digunakan sebagai bekal nanti setelah keluar Lapas, terus berkarya dan jangan lupa untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT yang Maha menolong dan tidak pernah meninggalkan kita disaat sedang terpuruk. Saya terharu melihat perjuangan para WBP.” Ucap Hj. Eva Dwiana sambil meneteskan air mata haru kepada WBP yang ditemui.

Dalam sambutannya, Walikota Bandar Lampung juga menyampaikan bahwa akan memberikan bantuan sebesar 150 juta rupiah kepada Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung. Bantuan ini diharapkan dapat digunakan secara maksimal untuk keperluan Lapas dan mendukung peningkatan hasil karya WBP. Selain itu, Walikota Bandar Lampung juga akan memberikan bantuan berupa 10 alat produksi pembuatan Kain Tapis.

Menanggapi hal ini, Plt. Kakanwil Kemenkumham Lampung pada sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Walikota Bandar Lampung yang telah berkenan mengunjungi Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung dan telah memberikan bantuan. “Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang Ibu berikan, ini merupakan bentuk kolaborasi yang luar biasa antara Kanwil Kemenkumham Lampung bersama Pemkot Bandar Lampung. Semoga kedepannya Kolaborasi antar lembaga seperti ini dapat terus berlangsung.” Ujar Iwan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Diharapkan kerjasama dan sinergitas lembaga ini akan terus berlanjut sehingga bersama – sama dapat saling mendukung dalam meningkatkan kinerja lembaga pemerintahan. (**)

Previous Post Next Post