BMOIWI dan Kementerian Agama Lampung Sinergi Meningkatkan Peran Musliman dalam Bidang Keagaman


Bandar Lampung (DHTv)-Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) Lampung yang merupakan sebuah federasi ormas-ormas Muslimah, keberadaanya tidak hanya di Lampung tapi juga di seluruh provinsi di Indonesia. BMOIWI mengemban visi terwujudnya ukhuwah Islamiyah serta mampu menjawab tantangan dan permasalahan muslimah di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Melalui federasi ini Ormas-ormas Muslimah yang merupakan kekayaan gerakan perempuan Islam di Lampung, memadu padankan harmoni perjuangan dalam suatu sinergi yang di jalankan secara bersama oleh tiap-tiap organisai sehingga terjalin ukhuwah di antara ormas-ormas Islam yang bernaung di BMOIWI.

Hal itu disampaikan Ketua Periodik III BMOIWI Lampung, Dr Hj Heni Noviarita, SE.,M.Si. saat silaturrahmi dan Audiensi bersama Presidium BMOIWI Lampung dengan Kepala Kantor Wlayah Kementerian. Agama Provinsi Lampung, Jum’at Tanggal 13 Mei 2022.
 
Pada kesempatan itu pula, Heni Noviarita menyampaikan program-program BMOIWI Lampung yang telah dilaksanakan selama ini, dan yang sedang dilaksanakan juga program yang akan dataang. Bersama BMOIWI ormas-ormas Muslimah dapat mengokohkan kekuatan dan perjuangan sehingga dapat memberikan daya tekan dan pengaruh yang masif dalam menghadapi persoalan dan tantangan perjuangan muslimah di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampng, Puji Raharjo,S.Ag.,S.S.,M.Hum. menerima kunjungan silaturrahmi Presidium BMOIWI dengan sangat terbuka, dan di hadapan ibu-ibu Presidium BMOIWI Lampung, Kakanwil Kemenag mengajak untuk bersama-sama membangun Islam yang ramah, saling menghargai dan menghormati, serta Islam yang rahmatan lil alamin. “Kita harus sama-sama membangun Islam yang rahmatan lil alamin, yang saling menghargai,” ajak Kakemenag.
 
Selanjutnya,  Puji Raharjo menyampaikan beberapa program yang tengah dikembangkan oleh Kementerian Agama terkait pendidikan di madrasah dan pesantren, jaminan produk halal, bantuan guru-guru madrasah-Honor, termasuk program moderasi beragama, kaderisasi Da’i Da’iyah. Menurutnya, program dan kebijakan Kementerian Agama dapat berjalan dengan baik, salah satunya karena banyak didukung oleh Ormas Islam.

“Saya sangat senang dan mendukung jika BMOIWI Lampung dan  Kementerian Agama  Lampung bisa bersinergi,  punya pemahaman yang sama dalam pengembangan umat beragama, dan keberadaan BMOIWI mempunyai peran yang sangat strategis untuk bersama-sama membangun umat dalam bidang keagamaan,”ujarnya.
 
Merespon program Kementerian Agama Provinsi Lampung, Sekretaris Umum BMOIWI Lampung, Eni Amaliah menyampaikan dalam waktu dekat BMOIWI akan menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Dakwah  Bagi Organisasi Perempuan dan Majlis Ta’lim, yang Pesertanya nanti tidak hanya organisasi muslimah yang bernaung di BMOIWI, tapi juga RISMA juga utusan Majelis Ta’lim, kita tahu setiap muslim, baik laki-laki atau perempuan adalah pendukung amanah untuk meneruskan risalah dan dakwah Nabi Muhammad SAW menurut kemampuan masing-masing.

Suatu masyarakat akan berkembang bila para anggotanya yang mempunyai ilmu bersedia mengajarkan ilmunya untuk kemajuan sesama anggota masyarakatnya Hal ini sekaligus menegaskan bahwa pengembangan ilmu di masyarakat bukan hanya tugas sekelompok cerdik-cendekiawan atau ulama yang ada di masyarakat, melainkan hak dan kewajiban setiap orang, semoga mendapat dukungan dari Kementerian Agama Provinsi Lampung, ujar Eni Amaliah menutup pembicaran. (Rls/Red)

Previous Post Next Post