PW MUSLIMAT AL WASHLIYAH PROVINSI LAMPUNG SELENGGARAKAN RAKERWIL DAN SEMINAR NASIONAL


Bandar Lampung (DHTv) – Perempuan memiliki peranan penting di dalam pembangunan bangsa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peranan perempuan ialah dengan memberdayakan secara ekonomi. Faktanya, lebih dari 80% pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia merupakan perempuan.

Hal itu membuktikan perempuan mampu berdaya secara ekonomi serta berkontribusi terhadap pembangunan bangsa. Maka perempuan harus diberikan bekal agar terus berkontribusi dalam pembangunan. Hal itu disampaikan Ketua PW Muslimat Al Washliyah Provinsi Lampung, Dr.Hj.Heni Noviarita, M.Si pada sambutan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PW Muslimat Al Washliyah Provinsi Lampung  dan Seminar Nasional Peningkatan Peran Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif diselenggarakan secara Hybrid Selasa Tanggal 21 Desember 2021.

Dr.Hj Heni Noviarita,M.Si  menambahkan, peran dan kontribusi perempuan menjadi faktor penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam upaya pemulihan, reformasi, serta transformasi ekonomi. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan dalam perekonomian.

Sementara itu Sekretaris Umum PW Muslimat Al Washliyah Provinsi Lampung, Eni Amaliah mengatakan bahwa Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dan Seminar Nasional ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ibu.

“Sengaja Tema yang diangkat tentang peningkatan peran perempan dalam pengembangan ekonomi kreatif, dengan tujuan  literasi wirausaha dan kapasitas perempuan untuk berpikir cerdas, dan menginvestasikan di bidang produktif sangat potensial, bahwa perempuan tidak hanya memiliki potensi tapi secara aktual mampu berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan keluarga,”ungkap Heni.

Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) dan Seminar Nasional ini diselenggarakan secara Hybrid, Peserta yang mengikuti secara offline dibatasi sementara yang lain bisa mengikuti lewat online melalui Zoom Meeting.

Seminar Nasional ini menghadirkan Narasumber Dr.Hj.Yetri Hasan, M.Pd yang berbicara tentang .”Manajemen dan Optimalisasi Kinerja Perempuan untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga” Sementara Materi “Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan dengan Memanfaatkan Peluang Usaha untuk Membantu Perekonomian di Lingkungan Masyarakat.”  disampaikan oleh Dr. H Ridwansyah, SE.,M.Esy.

Acara dibuka oleh Ketua PP Muslimat Al Wasliyah – Jakarta, Dra Hj Nurliaty Ahmad, MA yang bergabung melalui ZOOM dalam sambutannya mengingatkan bahwa perempuan memiliki peranan ganda, di samping berperan sebagai ibu yang merupakan pendidik bagi anak-anak di rumah, juga bisa berperan untuk membantu perekonomian keluarga, dia berharap Muslimat Al-Washliyah bisa berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional. (/Red)

Previous Post Next Post