Resmikan Pelatihan DEA, Ini Pesan Walikota Bandar Lampung Untuk Para Penggiat UMKM

Bandarlampung, — Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana secara resmi membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema Kewirausahaan Digital Syariah di Hotel Novotel, Kota Bandar Lampung. Kamis, 14 April 2022.

Kegiatan yang berkolaborasi bersama Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Kota Bandung bertujuan untuk membangkitkan kembali UMKM Kota Tapis Berseri.

Saat diwawancarai usai meresmikan, Eva Dwiana mengatakan bahwa mudah-mudahan peserta dapat mengikuti dengan baik, dan mereka juga mengambil manfaatnya, dari apa yang dipelajari ini.

“Kemudian, mereka akan terapkan di usahanya masing-masing. Insyaallah PAD kota Bandar Lampung meningkat. Yang, terpenting jangan pernah mengeluh dan tetap semangat. Keadaan memang pandemi, akan tetapi mudah-mudahan secara bertahap akan lebih baik. Dan yang terpenting adalah UMKM bisa meningkat pendapatannya,” ungkap Eva Dwiana.

Lebih lanjut ia menuturkan, dengan kembali bangkitnya UMKM, otomatis PAD Kota Bandar Lampung juga akan membaik.

“Dan bunda juga berharap kepada penggiat usaha di Kota Bandar Lampung sebentar lagi bakal libur panjang dan bunda juga sudah cek di hotel-hotel dan penginapan semua penuh, ini adalah kabar bagus untuk para penggiat usaha untuk selalu melakukan yang terbaik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Kota Bandung, Betty Djuliati menjelaskan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan menyiapkan Sumber Daya Manusia unggul.

“Untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi digital, dengan target yang dilatih pada tahun 2022 sejumlah 60.000 orang. Sasaran program ini mencakup mencetak pewirausaha digital baru, upskilling pewirausaha digital maju, dan pengembangan kewirausahaan digital di desa yang inklusif,” ujar Betty.

Selanjutnya, program DEA dimulai sejak tahun 2020 dengan tujuan awal banyaknya UMKM yang terdigitalisasi dan Upskilling pelaku wirausaha digital (digipreneur).

Tahun 2021, DEA mengambil tema Bangkit di Masa Pandemi untuk membantu UMKM yang terdampak dalam hal pelatihan berjualan secara digital.

“Tahun 2022, DEA untuk membantu UMKM agar usahanya dapat pulih di masa pandemi dengan pelatihan kewirausahaan digital,” pungkasnya. (**)

Previous Post Next Post