HKI Gelar, Pertaggung Jawaban Negara Dalam Menyelesaikan HAM Berat

Bandar Lampung – Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) menggelar seminar nasional yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna (GSG) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (Kamis, 16/12/21)

Acara seminar nasional ini mengangkat tema “Pertanggungjawaban Negara Dalam Penyelesaian Perkara HAM Berat”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 150 Peserta umum yang terdiri dari berbagai HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) /HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi), perwakilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), serta Mahasiswa UIN RIL.

Adapun narasumber dalam acara tersebut yaitu Hermawan, SHI. MH., CM., SHEL (sebagai anggota DPRD Lampung), Yulizar Fahrulrozi Triassaputre, S.H., M.H (selaku advokat madya BIDKUM POlDA Lampung), dan Dr. Muhtadi, S.H., M.H CRA, CRP (ahli hukum tata negara).

Hermawan, SHI. MH., CM., SHEL mengatakan bahwa sebagai Mahasiswa harus dapat mengimplementasikan HAM dikehidupan nyata. “Seharusnya sebagai Mahasiswa bisa mengimplementasikan di kehidupan nyata dan mampu mengkritisi terhadap permasalahan HAM (Hak Asasi Manusia) ini yang sampai saat ini belum selesai” ujarnya.

Selain itu, Yulizar Fahrulrozi Triassaputre, S.H., M.H, juga mengatakan, “Bagaimana penanggungjawaban HAM dan implementasi ini tidak mudah didapatkan dan diselesaikan, kita sepakat bahwa sifatnya Universal. Mahasiswa harus bisa memberikan aspirasi dan perkumpulan untuk menjadi agen of control” Pungkasnya.

M. Haidar Selaku Ketua Pelaksana menyampaikan Tujuan serta harapannya dari seminar ini. “Untuk mengedukasi karena melihat permasalahannya HAM di Indonesia ini belum tuntas diselesaikan, dengan adanya kegiatan ini mahasiswa generasi hari ini bisa lebih peka terkait masalah HAM” ucapnya. (/Red)

Previous Post Next Post