Kepemimpinan Di Era Digital

Jakarta (DHTv)-Di era digital saat ini tentu proses kepemimpinan sangat di pengaruhi oleh perkembangan teknologi, Untuk menyiapkan diri pada Geopolitik Era 5.0, kita dituntut untuk mencetak kepeminpinan di tingkat operasional dan strategis. Pemimpin-pemimpin yang dicetak melalui beragai macam pelatihan harus memiliki kombinasi dalam tiga hal, yakni knowledge, experience, dan strategic instinct. Kepemimpinan tidak hanya dari individu ke individu, tetapi juga harus melakukan inovasi pada adaptasi teknologi sehingga dapat menjadi pemimpin digital.


Kerangka analisis Geo V yang terbagi kedalam lima sektor, yakni konsolidasi demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada konsolidasi demokrasi, Indonesia masih berada pada kategori “Flawed Democracy” atau demokrasi terbatas. “Tantangannya nanti di pemilu serentak 2024 dan pemilu serentak 2029, tantangannya antara lain menciptakan digital election yang betul-betul berbasis teknologi-teknologi terkini sehingga misalnya kita bisa melakukan e-voting, dan seterusnya,”.


Teknologi canggih dan modern yang Anda miliki akan menjadi sia-sia kalau Anda tidak bisa memanfaatkan teknologi tersebut secara optimal. Itulah mengapa Anda perlu memahami dan tahu cara mengenai tren teknologi terbaru, fungsi dan manfaatnya, serta cara penggunaannya, terutama kalau Anda merupakan seorang pemimpin.
Selain itu, dalam digital leadership, jangan lupa untuk memiliki kemampuan menemukan berbagai peluang yang muncul akibat perubahan tren dalam masyarakat. Misalnya, jika sebelum pandemi masyarakat lebih senang berbelanja langsung dengan mendatangi tempat usaha, maka sejak masa pandemi terjadi di Indonesia, pelanggan lebih senang berbelanja secara online tanpa harus meninggalkan rumah.

Dengan kemampuan melihat perubahan dan peluang yang terjadi, otomatis Anda perlu menyesuaikan diri. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang dapat memberikan dampak baik pada perusahaan dan bisa mempercepat tercapainya tujuan bisnis yang ingin Anda raih.
Pada akhirnya kita sebagai pemimpin harus bisa dan dituntut untuk dapat membaca peluang-peluang yang dapat kita manfaatkan khususnya melalui teknologi digital.

Selanjutnya ada juga Leadership training untuk saat ini pasti akan lebih diarahkan dalam pembentukan karakter digital leadership. Terdapat beberapa karakter yang wajib dimiliki seorang digital leadership yang sukses. Salah satu nya adalah Neofilia yaitu ketertarikan terhadap hal-hal baru. Seorang pemimpin digital memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tertarik mengeksplorasi situasi baru, dan bersikap terbuka terhadap peluang baru. Di saat yang sama, ia akan terus menggali ide-ide maupun inovasi baru untuk mengembangkan perusahaan. (Red)

Previous Post Next Post