Guna Tingkatkan Usaha Rumahan Agar Produktif, Pemkot Bandar Lampung Beri Pelatihan Kreasi Souvenir dan Makanan

Bandar Lampung, – Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana membuka pelatihan kreasi souvenir dan olahan makanan se Kecamatan di Kota Bandar Lampung. Hal itu dilakukan, guna meningkatkan usaha rumahan agar tetap produktif.

Dalam sambutannya Eva Dwiana mengatakan setelah dari pelatihan, nanti pihaknya juga akan membantu penjualannya.

“Di Bumiwaras itu kita ada ruko. Nah nanti kita kasih dua untuk membantu pemasarannya bagi olahan makanan sama kreasi souvenir,” ucap Eva, di Kantor Kelurahan Panjang Selatan, Senin (14/11/2022).

“Diharapkan ikuti pelatihan ini dengan tekun. Jadi walaupun ibu-ibu di rumah kita tetap berkreasi membantu keluarga,” ujarnya

Selain itu kata Eva, kedepan jika sudah berjalan baik, pihaknya akan memberikan modal untuk kreasi makanan sebesar Rp15 juta per kecamatan, sementara kalau untuk kreasi tapis diberikan Rp25 juta.

“Karena di Bandar Lampung wista terbatas. Maka kita gencarkan dari kuliner nya, sehingga yang dartang bisa berbelanja disini. Jadi tidak lain bunda ingin ushaa rumahan ini bagaimana caranya harus maju,” ucap dia.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, Adiansyah menyampaikan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama 5 hari dari 14-21 Oktober, bertepat di 20 kecamatan masing-masing.

“Dengan total jumlah peserta 600 orang. Artinya setiap kecamatan ada 30 peserta baik untuk pelatihan souvenir dan makanan,”ujarnya.

Sehingga setiap perwakilan kelurahannya diharapkan bisa menerapkan dan mengajarkan pada yang lain.

“Untuk mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu, untuk mampu jadi pengusaha kecil dan menciptakan lapangan kerja yang produktif,” kata Adiansyah.

Sementara, Tanti (40) salah satu peserta mengaku, mengikuti pelatihan ini banyak manfaatnya, apa lagi bagi kami ibu-ibu seperti nya.

Selain menambah variasi makanan, juga pihaknya bisa praktek langsung. “Jadi keluar dari sini bisa langsung diperaktikan di rumah,” pungkasnya. (Red)

Previous Post Next Post