Pemkot Bandarlampung Berikan 1.442 Polis Asuransi Kepada Para Nelayan

Bandarlampung, (DHtv) — Profesi seorang nelayan rentan mengalami kecelakaan saat berlayar dilautan lepas. Benturan ombak, cuaca yang tidak menentu, menabrak karang menjadi ancaman nyawa bagi para nelayan saat berlayar sehari-hari.

Hal itu yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bandar Lampung Erwin, saat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan 1.442 polis asuransi kepada para nelayan di Aula Gedung Semergow, Senin, 05/06/ 2023.

Erwin menjelaskan hadirnya polis asuransi untuk nelayan terutama untuk nelayan kecil bertujuan melindungi keselamatan jiwa dan jaminan bagi keluarga yang ditinggalkan apabila nelayan dalam bekerja mengalami kecelakaan.

“Nelayan sudah harus sadar dan wajib memiliki asuransi demi keselamatan dirinya terutama pekerjaan mereka yang membahayakan,” kata Erwin.

Ia juga berharap adanya polis asuransi dapat memberikan rasa nyaman dan perlindungan dalam bekerja sehari-hari guna meningkatkan produktivitas kerja para nelayan.

Erwin juga menjelaskan adapun tanggungan yang di cover oleh Pemkot Bandar Lampung melalui polis asuransi sebesar Rp 42 juta apabila nelayan mengalami kecelakaan tanpa cacat, Rp 68 juta apabila kecelakaan membuat nelayan cacat, dan santunan meninggal sebesar Rp 75 juta apabila nelayan meninggal dunia karena kecelakaan pada saat kerja.

“Dan kami juga dalam polis asuransi memberi beasiswa untuk dua orang anaknya yang totalnya beasiswa Rp 174 juta,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Eva Dwiana berharap adanya polis asuransi untuk nelayan dapat meningkatkan produktivitas nelayan, dan tak perlu khawatir soal keselamatan kerja mereka.

“Insyaallah berjalan dengan lancar bapak-bapak mendapat ikan yang banyak dan memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Eva menambahkan program jaminan asuransi ini merupakan program prioritas pemerintah. Menurutnya nelayan yang ada di Bandar Lampung dapat sejahtera dengan polis asuransi.

“Karena nelayan di Bandar Lampung belum sejahtera, semoga dengan adanya polis ini dapat melindungi kerja-kerja bapak,”tutupnya.(**)

Previous Post Next Post